infopol.co.id Kontak Redaksi- 085784424805 wa Jatim Buktikan Kerja BPN Bisa Cepat, Nusron: Tinggal Loncat ke Era Digital

Iklan Semua Halaman

Iklan 928x90

Hot Post

Jatim Buktikan Kerja BPN Bisa Cepat, Nusron: Tinggal Loncat ke Era Digital

Selasa, 27 Mei 2025

 



Surabaya, infopol.co.id

Dengan ketegasan khas dan visi reformasi yang tak lagi bisa ditawar, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Nusron Wahid, menyambangi Kantor Wilayah BPN Provinsi Jawa Timur. Senin (26/5/2025) Di tengah ritme birokrasi yang sering stagnan, kehadiran Nusron adalah sinyal percepatan. Ia datang bukan untuk seremoni, melainkan memastikan mesin pelayanan publik bekerja lebih cepat, lebih tepat, dan lebih berpihak.


Kunjungan itu disambut langsung oleh Kepala Kanwil BPN Jatim, Dr. Asep Heri, S.H., M.H. QRMP, sosok teknokrat yang tenang, namun menyimpan determinasi kuat dalam mendorong transformasi di jajarannya. Dalam laporannya, Dr. Asep menyampaikan capaian PTSL di Jawa Timur telah menembus angka 95 persen, sebuah progres yang tidak hanya angka, tapi juga mencerminkan kerja sistematis dari bawah ke atas.


“Bapak Menteri, perlu kami laporkan bahwa, alhamdulillah program strategis nasional di Provinsi Jawa Timur, insyaAllah baik pengukuran maupun pemberkasan akan diselesaikan bervariatif, selambat-lambatnya September 2025. Terutama yang PTSL, alhamdulillah capaiannya sudah 95 persen,” ungkap Dr. Asep dengan penuh keyakinan.


Namun, bagi Nusron Wahid, capaian administratif bukan akhir. Ia menekankan pentingnya lompatan digital dan reformasi pelayanan publik sebagai orientasi masa depan.


“Berkali-kali saya sampaikan: fokus kita ini adalah pelayanan publik. Karena itu inovasi harus cepat dilakukan. Digitalisasi IT dan percepatan pelayanan saya minta jadi fokus,” tegas Nusron dalam arahannya.


Pernyataan itu ditangkap serius oleh Dr. Asep. Dalam berbagai kesempatan, ia memang mendorong internal Kanwil untuk beradaptasi dengan sistem digital, menyederhanakan alur birokrasi, dan mempercepat akses layanan tanpa mengorbankan ketelitian.


Jawa Timur kini menjadi salah satu wajah BPN yang bergerak, bukan menunggu. Jika tenggat September yang dijanjikan ditepati, maka bukan hanya progres teknis yang diraih, tapi juga bukti bahwa birokrasi bisa berubah jika ditangani dengan kepemimpinan yang melek data dan sadar urgensi pelayanan.


Di balik peta, berkas, dan perangkat sistem, ada satu hal yang sedang dibangun oleh duet Nusron dan Asep, kepercayaan. Dan hari ini, kepercayaan itu mulai tumbuh, setahap demi setahap, dari tanah Jawa Timur. (Why).